Home » Al Quran » Ayat Al-Qur’an yang Dibaca Sebelum Tidur

Ayat Al-Qur’an yang Dibaca Sebelum Tidur

Tidur merupakan aktivitas rutin yang dilakukan semua orang setiap malam. Tidak dipungkiri, setiap orang ketika bangun tidur menginginkan kondisi tubuh menjadi bugar dan sehat kembali. Namun, terkadang bangun tidur semacam ini tidak dirasakan sebagian orang. Kok bisa?

Apa yang biasa Anda lakukan sebelum tidur? Kadang sebagian orang saking mengantuk atau capeknya, mereka langsung tertidur pulas. Padahal bagi seorang Muslim do’a sebelum tidur sangat dianjurkan. Hal ini senada dengan apa yang diajarkan Rasulullah SAW. Do’a apa saja yang bisa dibaca sebelum tidur?

Di dalam Al-Qur’an juga terdapat beberapa ayat atau surat yang bisa dibaca sebelum tidur. Apa saja itu? Berikut di antaranya:

Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas
Sebagaimana Aisyah radhiyallahu‘anha berkata, “Nabi SAW ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya, lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surat Al-Ikhlas), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al-Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An-Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali,” (HR. Bukhari).

Ayat Kursi
Hal ini berdasarkan hadits yang diriwiyatkan oleh sahabat Abu Hurairah RA (HR. Bukhari).
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah SAW menugaskan aku menjaga harta zakat Ramadhan kemudian ada orang yang datang mencuri makanan namun aku merebutnya kembali, lalu aku katakan, ‘Aku pasti akan mengadukan kamu kepada Rasulullah SAW’.

Lalu Abu Hurairah RA menceritakan suatu hadits berkenaan masalah ini. Selanjutnya orang yang datang kepadanya tadi berkata, ‘Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta’ala dan syetan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi’. Maka Nabi SAW bersabda, ‘Benar apa yang dikatakannya padahal dia itu pendusta. Dia itu syetan’,” (HR. Bukhari no. 3275).

Dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah
Berdasarkan sabda Rasulullah SAW “Barangsiapa membaca dua ayat tersebut pada malam hari, maka dua ayat tersebut telah mencukupkan-nya,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Surat Al-Kafirun
Berdasarkan sebuah hadits yang mengisahkan bahwa SAW mengajarkan sahabat Naufal untuk membaca surat Al Kafirun sebelum tidur. (HR Abu Dawud, Ahmad, dan At Tirmidzi).

Surat Al-Mulk dan As-Sajdah
Hal ini berdasarkan penjelasan sahabat Jabir bin Abdillah, beliau berkata, “Tidaklah Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam tidur sampai beliau membaca alif lam mim tanzilus sajdah (surat As-Sajdah) dan Tabarokalladzi biyadihil mulk (surat Al-Mulk),” (HR Bukhari).

Maha benar Allah SWT dengan segala firmannya, sesungguhnya tidak ada sesuatu yang tak bemanfaat bagi kita.
“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): ‘Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka’,” (QS. Ali Imran:190-191). []

Sumber: Ummi Online

Facebook Comments
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *