Home » Berita » Banyak yang Tak Sadar, Saat Akhir Zaman Tiga Hal Ini Justru Semakin Langka

Banyak yang Tak Sadar, Saat Akhir Zaman Tiga Hal Ini Justru Semakin Langka

Berita Riau - Banyak yang Tak Sadar, Saat Akhir Zaman Tiga Hal Ini Justru Semakin Langka

– Dunia semakin menua. Bahkan tanda-tanda akan berakhirnya zaman juga sudah mulai nampak. Tak hanya itu, banyak peristiwa-peristiwa yang memperlihatkan degradasi moral yang luar biasa di tengah masyarakat.

Dilansir dari Bincangsyariah.com, Senin, 10 Desember 2018, adapun peristiwa yang dimaksud adalah anak yang berani membunuh orang tuanya. Perzinaan yang merajalela yang sengaja direkam dan berbagai kejadian lainnya.

Menyikapi kejadian tersebut, Ibnu Al-Mulaqqin dalam Tabaqat al-Aulia mengutip perkataan Dzunnun al-Misri (wafat pada tahun 246 H):

ثلاثة ﻣﻮﺟﻮﺩﺓ، ﻭﺛﻼثة ﻣﻔﻘﻮﺩﺓ: اﻟﻌﻠﻢ ﻣﻮﺟﻮﺩ، ﻭاﻟﻌﻤﻞ ﺑﻪ ﻣﻔﻘﻮﺩ؛ ﻭاﻟﻌﻤﻞ ﻣﻮﺟﻮﺩ، ﻭاﻻﺧﻼﺹ ﻓﻴﻪ ﻣﻔﻘﻮﺩ؛ ﻭاﻟﺤﺐ ﻣﻮﺟﻮﺩ، ﻭاﻟﺼﺪﻕ ﻓﻴﻪ ﻣﻔﻘﻮﺩ

“Tiga hal ini ada wujudnya, namun ada tiga hal lain yang tak ada: ilmu sudah ada, namun sedikit yang mengamalkannya. Bila ada yang mengamalkan ilmunya namun sedikit keikhlasannya. Banyak orang yang mengaku cinta, tapi tak sesuai kenyataannya.”

Dari penjelasan hadist tersebut, ada tiga hal yang mulai langka wujudnya saat ini

Pertama adalah terkait denyan perkembangan ilmu pengetahuan sangat pesat terutama dalam bidang agama. Tapi, hanya sedikit sekali yang mau mengamalkan ilmunya.

Kedua adalah bila ada yang sudah mengamalkan ilmunya, tak ada keihklasan dalam hatinya.

Terakhir, yakni banyak orang yang mengaku cinta kepada Allah dan Rasulnya, tapi tak ada buktinya. Semua iti hanya sekedar retorika belaka.

Itulah tiga hal yang mulai langka diwujudkan. Maka dari itu, untuk memecahkan permasalahan tersebut harus ada keseriusan dalam belajar dan mengamalkan ilmu dengan didasari keikhlasan.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *