Home » Muhasabah » Bersama Kesulitan Ada Kemudahan

Bersama Kesulitan Ada Kemudahan

Maka penting bagi kita untuk senantiasa optimis, tatkala merasa hidup kita terasa senantiasa pula bermasalah, yang notabene sulit untuk diatasi. Betapa unggulnya seorang muslim dengan adanya dua ayat ini.


Imam al-Baghawi, Imam al-Ma’iny dan Syeikh Muhyiddin ad-Darwisy menyimpulkan dari struktur gaya bahasa di atas dengan sebuah kaidah kebahasaan, “Isim nakirah jika disebut dua kali maka yang kedua tidaklah sama dengan yang pertama. Namun, jika isim makrifat disebut dua kali maka yang kedua sama dengan yang pertama.”.

Dengan kaidah tersebut, maka bisa ditarik kesimpulan, bahwa setiap satu kesulitan terdapat dua kemudahan. Setidaknya bisa berupa solusi yang terbaik, dan pahala kebaikan.

Contohnya sebagaimana Rasulullah Saw mendakwahkan Islam. Padahal awalnya umat Islam ditekan, banyak dari mereka dipaksa murtad, ditindas, dihina, difitnah, diboikot, dan dizhalimi dengan berbagai cara lainnya.

Namun akhirnya, Allah mengubah mereka, sesuai janjiNya. Pada akhirnya Rasulullah Saw dan para sahabat berhasil mendirikan Negara Islam di Madinah, sehingga bisalah syariat Islam dipraktekkan 100% secara kaffah.


Kemudian pengacau-pengacau dari berbagai kalangan pun dapat disapu bersih. Seperti misalnya beberapa Bani Yahudi yang tidak senang dengan Daulah waktu itu.

Selain itu, Kota Mekkah pun akhirnya berhasil ditaklukkan. Padahal sebelumnya orang-orang kuat penduduk Mekkah menindas beliau dan para sahabat, namun kemudian semuanya tertunduk pasrah. Bahkan sebagian dari mereka ada yang melarikan diri.

Kemuliaan yang tak menjadikan beliau sombong dan lupa diri. Beliau justru memperbanyak tasbih dan istighfar, bersyukur atas kemuliaan dan kemenangan yang dikaruniakan Allah berupa mengukuhkan dan mengokohkan agamaNya di muka bumi ini, hingga wilayah Negara Islam pun senantiasa meluas terus-menerus.

Percayalah, setiap satu kesulitan ada dua kemudahan yang disiapkan Allah Swt. Kemudahan di Dunia maupun di Akhirat.

Facebook Comments
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *