Home » Muhasabah » BERSYUKURLAH DENGAN APA YANG ADA

BERSYUKURLAH DENGAN APA YANG ADA

Orang seringkali merasa selalu ada kekurangan dalam hidupnya. Banyak sekali orang yang menggadaikan kebahagiaannya terhadap apa yang belum dia miliki. Selalu saja ada hal yang menjadi alasan kenapa hingga saat ini diri kita menjadi belum bahagia.



Rumus kebahagiaan itu sangat sederhana. Bahagia itu adalah ketika kita mampu untuk mensyukuri apa yang kita miliki. Bukanlah dengan bahagia kita bersyukur, namun justru dengan rasa syukur itulah kita bisa menjadi bahagia.

Tugas kita saat ini hanyalah bagaimana menggunakan apa yang kita miliki dengan baik, dengan bijak, dan dengan optimal sebagai bentuk rasa syukur kita. Memiliki mimpi dan target tentu saja boleh, namun semua itu akan berguna ketika kita selalu bersyukur atas apa yang kita miliki.

Lantas bagaimana cara kita agar bisa lebih mudah mensyukuri apa yang kita miliki?

Pertama, menyadari bahwa masih banyak orang yang kurang beruntung dibandingkan kita. Banyak dari mereka yang lebih miskin, lebih susah hidupnya, dan bahkan memiliki kondisi kesehatan dan fisik yang tidak lengkap. Mengapa kita masih sulit juga untuk bersyukur?

Kedua, kita masih diberikan kesempatan hidup hingga hari ini, detik ini, padahal masa hidup kita itu terbatas. Apa artinya? Kita masih bisa memperbaiki kesalahan kita di masa lalu, berbuat yang terbaik untuk masa kini, dan mencetak prestasi gemilang di masa yang akan datang.



Ketiga, semua yang Anda perlukan itu tidak perlu bayar alias gratis. Bayangkan nikmat udara dan organ-organ tubuh yang ada pada kita misalnya. Kita bisa bernapas dengan gratis, bisa melihat, dan organ-organ tubuh kita lainnya berjalan sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Bagaimana seandainya kita mengkonversi nilai itu menjadi nilai uang yang berlaku? Maka, syukuri semua itu dan jadilah orang yang bahagia serta merasa beruntung.

Selamat berkarya di hari Senin! Semoga hidup menjadi lebih berlimpah dan lebih baik dari sebelumnya. Tetap tersenyum dan perhatikan apa yang akan terjadi di sekeliling Anda!

Sumber : arryrahmawan.net

Facebook Comments
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *