Home » Keluarga » Cara Mengatasi Dan Mempertahankan Rumah Tangga Dengan Suami Yang Hampir Hancur

Cara Mengatasi Dan Mempertahankan Rumah Tangga Dengan Suami Yang Hampir Hancur

Hubungan pernikahan adalah hubungan sakral yang harus benar-benar dijalani dengan niat yang baik. Hubungan pernikahan diibarat sebagai perjalanan panjang dan jauh yang akan membawa dua insan melampaui bahtera rumah tangga dengan suka dan duka bersama-sama.



Tetapi dalam hubungan pernikahan tidak jarang dihampiri oleh sebuah permasalah-permasalahan, mulai dari permasalah yang kecil hingga permasalah yang besar sekalipun. Nah, ketika bahtera pernikahan sudah goyah karena adanya permasalahan di dalam rumah tangga, maka anda dan pasangan anda pun pastinya tidak akan tinggal diam.

Dimana ketika anda merasa bahwa hubungan anda dan rumah tangga berada diambang kehancuran, dengan segera anda dan pasangan pun akan mencari solusi tentang bagaimaa cara memperbaiki hubungan agar kembali membaik seperti semula. Anda dan pasangan jangan pernah melupakan bahwa anda berdua telah berkomitmen sejak saling memilih sebagai pasangan yang akan mendampingi sisa hidup.

Untuk itulah pastinya anda pun telah siap untuk menanggung semua resiko yang akan terjadi dalam perjalanan hidup yang anda berdua jalani.

cara mempertahankan pernikahan

Terjadinya gesekan atau pertentangan antara dua insan dalam sebuah hubungan rumah tangga yang akan menyebabkan perpecahan sebenarnya merupakan hal yang wajar. Namun meskipun begitu tidak lantas menyebabkan hubungan menjadi benar-benar hancur. Meskipun pada saat itu hubungan anda dan pasangan berada diambang kehancuran, tetapi anda harus bisa mengatasi itu semua. Dan hal ini dilakukan untuk menciptakan rumah tangga yang harmonis dan bahagia.

Banyak sekali cara yang bisa ditempuh oleh sepasang suami istri untuk mempertahankan hubungan pernikahan, dan banyak pula jalan pintas yang bisa diambil. Namun alangkah lebih baiknya jika anda bisa mengambil cara terbaik dibandingkan dengan mengambil jalan pintas. Dan di bawah ini merupakan cara terbaik dalam mengatasi atau mempertahankan hubungan rumah tangga yang berada dalam ambang kehancuran.

Cara Mengatasi Dan Mempertahankan Rumah Tangga Dengan Suami Yang Hampir Hancur

1. Membangun Kembali Kepercayaan
Ketika pasangan suami istri berselisih dan hubungannya berada diambang kehancuran, maka kepercayaan diantara keduanya pun akan lambat laun memudar. Dalam hal ini, jika anda ingin mempertahankan dan mengatasi rumah tangga yang hampir hancur tersebut, maka salah satu cara yang bisa anda lakukan yaitu megembalikan kepercayaan diantara anda berdua dengan cara membangunnya kembali mulai dar nol.

Perlu anda semua ketahui, bahwa landasan sebuah perkawinan yang sukses adalah dengan dasar kepercayaan. Jika anda dan pasangan bisa kembali saling percaya, maka secara tidak langsung hal ini akan menyelamatkan keluarga dari pertengakaran. Tanpa adanya sebuah kepercayaan, saling curiga di antara keduanya akan menciptakan permasalahan baru dan pertengakaran yang dapat berakhir pada hancurnya ikatan pernikahan lebih cepat.

2. Minta Maaf
Jika anda adalah orang yang sulit meminta maaf, maka keadaan tersebut akan mempersulit terciptanya hubungan yang bahagia dalam rumah tangga. Pikirkan saja, jika suatu permasalahan atau kesalah pahaman terjadi dan anda serta pasangan sama-sama keras kepala dan tetap mempertahankan pendapat masing-masing dan menolak untuk menerima kesalahan masing-masing maka dengan begitu akan sangat sulit menemukan jalan keluar dan penyelesaiannya.

Oleh sebab itu, minta maaf adalah tindakan yang sangat penting dalam mengatasi dan mempertahankan hubungan pernikahan yang hampir hancur meskipun pada kenyataannya anda belum tentu bersalah. Tapi mengalah demi kebaikan akan lebih baik daripada terus mempertahankan keegoisan yang hanya dapat menyebabkan kehancuran hubungan rumah tangga.



3. Belajar Untuk Memberikan Ruang
Ketika anda dan pasangan sedang ditimpa oleh masalah yang akan menyebabkan hubungan berada pada ambang kehancuran, maka pada saat itu juga anda dan pasangan sedang berada di dalam puncak emosi yang tinggi. Jika pada saat itu anda dan pasangan memaksakan untuk menyelesaikan masalah dengan emosi, maka kehancuran rumah tangga akan dengan cepat anda dapatkan.

Oleh sebab itulah, ketika berada dalam masa-masa ini memberika ruang kepada pasangan dan diri sendiri adalah hal yang perlu untuk dilakukan. Berikanlah pasangan anda waktu untuk menyendiri agar bisa menenangkan hati dan pikirannya. Karena jika anda berdua berada dalam keadaan yang tenang, maka permasalahan yang ada pun akan dengan mudah diselesaikan sehingga tidak akan menyebabkan keretakan hubungan dan rumah tangga anda sendiri.

4. Berkomunikasi Yang Baik
Berkomunikasi yang baik adalah salah satu cara ampuh untuk mempertahankan dan mengatasi hubungan pernikahan yang berada pada ambang kehancuran. Ketika anda bisa berkomunikasi setiap saat dengan sopan dan ramah, maka mampu menghindari anda dan pasangan berada dalam kesalahpahaman. Ketika anda dan pasangan bisa berkomunikasi dengan baik, maka keharmonisan anda berdua pun akan semakin tercipta. Bahkan permasalahan yang anda berdua hadapi akan lambat laun sirna. Perlu anda ketahui juga, bahwa tidak sedikit rumah tangga yang hancur hanya karena kurangnya komunikasi.

5. Mengerti Kekurangan Dan Kelebihan Pasangan
Ketika anda memutuksan untuk mendambatkan hati kepada pasangan anda dan memutuskan untuk hidup bersama, maka anda pun harus bisa menerima semua kekurangan serta kelebihan yang ada dalam diri pasangan anda tersebut. Semua orang di dunia ini dicipatakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

OLeh sebab itu apapun yang terjadi pada rumah tangga anda berdua, maka hal yang perlu anda lakukan yaitu menelaahnya terlebih dahulu. Karena mungkin saja permasalahan yang mengancam hubungan rumah tangga anda dengannya disebabkan karena kekurangan pasangan anda, dimana justru kekuraangan tersebut akan menambah kekuatan dalam kehidupan rumah tangga anda sendiri.

6. Bersikap Terbuka Ketika Memecahkan Masalah Yang Ada
Hal yang diangggap paling penting dalam membina bahtera rumah tangga yaitu keterbukaan dan kejujuran antara satu sama lainnya. Cobalah anda saling terbuka bersama pasangan anda dan menceritakan hal-hal yang bisa membuat hubungan pernikahan yang selama ini telah terjalin menjadi hancur. Ingatlah bersikap terbuka akan lebih baik dalam memperbaiki keretakan rumah tangga.

7. Berdiskusi Dengan Orang Yang Lebih Berpengalaman
Maksud dari cara ini yaitu anda dituntut untuk melibatkan orang ketiga dalam hubungan dan kehidupan anda. Dalam hal ini anda bisa meminta bantuan dan berdiskusi dengan orang yang lebih berpengalaman dalam masalah rumah tangga, orang yang memiliki pola fikir dewasa serta bisa netral antara anda dan pasangan, maksudnya yaitu tidak akan memihak anda ataupun pasangan anda.



Dengan hadirnya orang ketiga ini akan mampu memberikan pemikiran-pemikiran yang bisa menyelamatkan hubungan rumah tangga bersama suami anda dari jurang kehancuran.

Tidak ada satupun keluarga atau pasangan yang dibangun tanpa ada perselisihan atau permasalahan apapun yang akan menyebabkan runtuhnya tembok kekokohan rumah tanggga.

Tapi keutuhan rumah tangga hanya bisa bertahan jika didasari dengan komitmen yang kuat diantara kedua pasangan. Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi dan mempertahankan rumah tangga yang hampir hancur.

Semoga bermanfaat.

Credit: Cara Mendidik Anak (Group FB)

Facebook Comments
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *