Home » Keluarga » Rumah Tangga » Ciri-Ciri Istri Yang Memiliki Sifat Qonaah, Apakah Anda Sudah Termasuk?

Ciri-Ciri Istri Yang Memiliki Sifat Qonaah, Apakah Anda Sudah Termasuk?

Harus diakui bahwa di zaman sekarang ini cukup sulit mencari istri yang qonaah, jangankan menerima kekurangan suami apa adanya. Tetangga sebelah beli perlengkapan masak baru saja langsung tidak mau kalah saing, mengadu dan menuntut ini itu pada suami.

Hmm… sebenarnya apa sajakah ciri-ciri istri qonaah? Sudahkah kita termasuk di antaranya? Yuk, simak beberapa tanda qonaah berikut ini:

1. Memperlihatkan kecukupan sekalipun sebenarnya kekurangan

Sesungguhnya istri yang qonaah akan memperlihatkan bahwa dirinya cukup dan kebutuhannya terpenuhi dengan baik, sekalipun kenyataannya tidak demikian. Ini disebabkan ia ingin bersyukur pada apa yang telah Allah berikan. Meski suami hanya memberi separo dari kebutuhan bulanan, istri yang qonaah akan mampu mencukupi kebutuhan keluarganya berkat pertolongan Allah terhadapnya:

Rasul bersabda “Barang siapa yang menampakkan kecukupan maka Allah akan membuatnya kaya,” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Menjaga harta suami

Ada istri yang membuat suami was-was, khawatir karena buruknya akhlaknya dalam menjaga kesucian diri maupun harta ketika suami meninggalkannya. Akan tetapi istri qonaah pastilah sebaliknya, ia justru membuat suami merasa tenang karena ketaatannya serta kepandaiannya menjaga diri dan harta yang dititipkan suami.

Rasul bersabda “Sebaik-baik wanita adalah jika kau pandang maka dia menyenangkanmu, jika kau perintah ia menaatimu, jika kau tinggalkan ia menjagamu dalam hal harta dan menjaga dirinya,” (HR. Abu Daud).

3. Menganjurkan untuk bersedekah dan tidak boros

Istri qonaah akan mendorong suaminya untuk banyak bersedekah, baik untuk orangtua, kerabat, maupun kaum miskin dhuafa yang memerlukan. Istri qonaah akan mampu mengendalikan diri dari sifat boros. Ia takkan menghamburkan uang sekadar untuk melengkapi koleksi tas branded, koleksi sepatu ataupun peralatan make up dan perlengkapan dapurnya.

Allah berfirman: “Dan berikan haknya kepada kerabat dekat, juga kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya orang-orang boros itu adalah saudara syaitan dan syaitan itu sangat ingkar kepada Tuhannya,” (QS.Al Isra ayat 26-27).

4. Merasa puas dengan apa yang telah dimilikinya

Seorang muslimah atau istri yang qonaah tentu saja akan merasa ridho dan mudah puas dengan apa yang telah dimilikinya, ia tidak seperti kebanyakan wanita yang haus harta dan selalu merasa kurang; kurang cantik, kurang kaya, kurang mewah. kurang megah.

“Sungguh sangat beruntung orang yang telah masuk Islam, diberikan rizki yang cukup dan Allah mengaruniakannya sifat qana’ah (merasa puas) dengan apa yang diberikan kepadanya,” (HR. Muslim, no. 1054).

5. Tidak mudah berutang

Seorang istri yang qonaah takkan mudah berutang, apalagi kalau ia tahu tak mampu melunasi utang tersebut, ia takkan memaksa suaminya berutang demi memenuhi keinginannya.

“Ya Allah, aku meminta kepada-Mu petunjuk (dalam ilmu dan amal), ketakwaan, sifat ‘afaf (menjaga diri dari hal yang haram), dan sifat ghina’ (hati yang selalu merasa cukup atau qana’ah),” (HR. Muslim, no. 2721, dari ‘Abdullah).

Setidaknya beberapa hal tersebut menjadi ciri-ciri istri qonaah yang semestinya ada pada diri muslimah. Semoga kita semua termasuk di dalam golongan istri qonaah. []

Sumber: Ummionline

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *