Hukum Tepati Janji Buruk

Posted on

Menepati janji yang dimaksud Allah dalam Al Quran dan beberapa hadist nabi adalah yang memang janji itu dalam koridor kebaikan.

Jika sesuatu yang dijanjikan adalah hal yang buruk, barang yang dijanjikan jelas haram, maka tidak ada masalah jika kita tidak menepatinya.

Selengkapnya:

Beberapa hari lalu, di grup SMI regional Bekasi terjadi diskusi yang menarik sahabat SMI. Diskusinya membahas mengenai hukum menepati janji. Diskusi diawali dengan pertanyaan dari Dimas mengenai bagaimana hukumnya kalau berhutang janji. “Teman-teman nanya dong apa sih hukumnya kalau hutang janji? karena janji adalah hutang ketika seseorang berjanji maka harus ditepati,” tanya Dimas.

Allah berfirman, “Dan penuhilah janji, sesungguhnya janji itu pasti diminta pertanggungjawabannya” ( QS, Al-Isra:34). “Dan penuhilah janji Allah” (QS, Al-An’am:152).

Allah menyebutkan manfaat besar di dunia dan akhirat jika seseorang memenuhi janjinya, di samping manfaat nyata bagi kebaikan masyarakat yang berkesinambungan. Di antara manfaat tersebut adalah, dalam Al-Quran disebutkan bahwa memenuhi janji termasuk sifat orang-orang bertakwa sekaligus sebab utama dalam menggapai ketakwaan.

Allah Ta’ala berfirman, “(Bukan demikian), sebenarnya siapa yang menepati janji (yang dibuatNya) dan bertakwa, maka sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertakwa” (QS. Ali Imran: 76).

Diskusi menjadi lebih hidup ketika salah satu anggota grup, Tarti Yorini menanyakan bagaimana hukum menepati janji yang buruk. “Bagaimana seandainya ada teman janji sama temannya nanti kalau lulus ujian dapat nilai A, ditraktir beliin minuman, tapi minuman keras dan mereka sama-sama sepakat?”

Dimas yang di awal membuka diskusi ikut memberikan pendapatnya mengenai hal ini. “Menepati janji yang dimaksud Allah dalam Alquran dan beberapa hadist nabi adalah yang memang janji itu dalam koridor kebaikan, jika memang melihat kasus seperti itu, ya dibolehkan kita tidak menepatinya,” terang Dimas.

Jika sesuatu yang dijanjikan adalah hal yang buruk, barang yang dijanjikan jelas haram, maka tidak ada masalah jika kita tidak menepatinya.

Sumber gambar

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *