Home » Bisnis » Jurus Ampuh Bebas Hutang

Jurus Ampuh Bebas Hutang


JURUS AMPUH BEBAS HUTANG! (1)
Ramadhan tiba! Waktu yang tepat untuk mengejar semua hajat kita.. Termasuk hutang piutang yang bikin hati dongkol gak karuan! Yuk bareng-bareng kita ikhtiarkan, biar kita bisa bergabung dengan mereka yang sudah bebasss duluan!



Hutang tidak bisa lunas dalam hitungan jam makwusss!! Kecuali hutang 1-2 juta dan kita pas ada uang membayarnya.

Yang bikin pusing mayoritas pembaca disini adalah hutang senilai puluhan juta, ratusan juta bahkan milyaran! Atau juga yang sebel sampai ke ubun-ubun kartu kredit tiap bulan dicicil bertahun-tahun tapi gak lunas-lunas! Hehe.. Ya iyalah, sistem bunga berbunga di kartu kredit itulah yang bikin jebakan hutang tak berkesudahan..

Langkah-langkah ini saya rangkum dari ceramah Aa Gym, Ustadz Yusuf Mansur dan juga panduan yang disampaikan Ustadz Samsul Arifin lewat diskusi malam-malam via telpon kepada saya.. Yuk kita mulai!

Langkah-langkah supaya bebas hutang dunia yang menjerat:

1. TAUBAT
Minta ampun sama Allah atas perbuatan kita, apapun kesalahan kita. Ketika kita berdosa namun tidak merasa berdosa dan terus cuek bebek maka ridho Allah tidak adan turun. Dan Allah terus kirimkan kesulitan demi kesulitan yang mencengkeram hidup kita.

Nabi yang tak berdosa sehari 100 kali Istigfar.

“Barang siapa membiasakan bacaan ISTIGHFAR, maka Allah akan menjadikan untuknya KELAPANGAN dari setiap kesedihan dan JALAN KELUAR bagi setiap kesempitan, serta Allah karuniakan REZEKI kepadanya dari arah yang tidak di sangka-sangka.”
(Hadist Riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah & Baihaqi)

Ngaku deh, semua hutang apapun bentuknya bikin hidup sumpek, dada sesek, gairah mendlep!

2. BERAZAM HUTANG LUNAS
Maksudnya adalah bercita-cita dengan sungguh-sungguh hutang lunas! Bukan hanya di bibir pengen hutang lunas, tapi besok masih cari hutangan kesana-sini, wah!
Pada level ini harus berani ngomong: saya kapok berhutang dan berjanji tidak akan berhutang lagi! Tidak akan nambah hutang lagi!



3. MENJUAL ASSET
Banyak yang menahan hutangnya, padahal dia masih punya asset yang bisa dijual dahulu untuk menutup sebagian atau malah seluruh hutangnya. Hutang mobil sampai nunggak bayar tapi terlalu sayang sama mobilnya, kalo dijual apa kata dunia?! Saya gak gaya lagi dong mas!…. Haiyaaah! Makan tuh gaya.

Atau ada yang hutang modal kerja dengan cicilan flat misal 5 juta/bulan, tapi usaha bangkrut.. modal ludes! Terus? Ya sisa usaha apapun dijual.. Barang-barang apapun yang bisa jadi duit lepaskan untuk mengurangi beban hutang, termasuk menjual barang-barang pribadi yang tidak ada hubungannya dengan usaha itu.

4. MENCICIL LEBIH BANYAK
Banyak yang punya hutang, tapi juga punya penghasilan tetap tiap bulan. Kuncinya MENUNDA SEMUA KESENANGAN, alokasikan dua sampai tiga kali lipat untuk membayar hutang. Semakin kita mengurangi pokok, beban cicilan juga berkurang.
Kalo yang punya usaha, stop dulu ekspansi. Tiap dapat untung langsung hajarrr buat nyicil hutang lebih banyak. Asset kantor yang bisa dijadikan uang juga dilepas saja, bikin list semua barang di kantor apa saja yang bisa diuangkan, dan selama ini hanya mubazir menuh-menuhin ruangan.

5. LEVEL PASRAH DINAIKKAN!
Yakin bahwa selama kita punya niat baik berikhtiar, Allah akan memberi jalan.
Kalo kata AaGym “ini episode yang harus dihadapi dalam hidup kita.. ya hadapi saja, gak usah mengeluh! Kembali ke Allah, karena hanya Allah Yang Maha Pemberi Solusi. Delapan tahun lalu bisnis saya hancur, karena yang dikejar hanya ketenaran dan uang. Sekarang semua bangkit kembali, yang datang ke pesantren ini banyak lagi sampai kita nolak-nolak santri”

Ustadz Yusuf Mansur berkata “mau ludes ya ludes deh! Ini cara Allah membersihkan hidup kita. Gakpapa kita bangkrut, yang penting hidup dan harta kita juga dah bersih, nanti pelan-pelan bangkit lagi, yakin seyakinnya Allah bakal kasih jalan. Saya dipenjara karena sesuatu yang diarahkan ke saya oleh orang lain, ya udah terima aja, di penjara saya dapat hikmah supaya bisa bangkit lagi

Seorang ustadz kawan saya di Bantul kena tipu biro travel umroh abal-abal yang mendompleng di acara pengajiannya. Si biro promosi usai acara pengajian iming-iming umroh murah 15 juta, dan malam itu 5 orang ibu-ibu langsung gesek pakai mesin EDC yang disiapkan si biro, total DP terkumpul 45 juta. Besoknya si biro kabur entah kemana.. Abal abal beneran!
Ustadz kawan saya itu kelimpungan dituntut mengganti uang rombongan ibu-ibu itu.
Besoknya ada orang datang membawa uang 42 juta untuk membantu pembangunan pondok pesantrennya. Cobaan datang lagi, uang itu tercecer di perjalanan ketika mengisi pengajian, uangnya entah kemana

Pusing! Puyeng! Dihantam dua masalah berurutan. Satu-satunya tempat mengadu ya hanya kepada Allah, kita ngadu kepada manusia juga belum tentu dia ngasih solusinya.
Setiap malam dia berzikir:

Hasbunallah wani’mal wakil, ni’mal maula wa ni’mannasir (Cukup bagiku Allah sebaik-baik pelindung dan penolongku)
Hingga 450 kali rutin tiap malam.

Dua minggu kemudian keajaiban datang, seorang ibu yang jadi korban biro abal-abal datang bertemu ustadz, mengaku adiknya menemukan uang 42 juta dalam plastik di lokasi pengajian, uang itu sudah dibelikan motor 3 buah. Ketika berembug dan itu uang titipan sedekah, akhirnya disepakati motor itu dikembalikan untuk operasional pondok itu, juga boleh dijual, dan ibu itu bisa membujuk kawan-kawannya untuk tidak menuntut dan menyalahkan si ustadz karena kasus biro abal-abal tersebut.
Kasus dianggap clear.. Selesai! Amazing!

Masya Allah.. Ya begitulah cara Allah menyelesaikan masalah, dengan cara yang tidak terduga duga. Kita yang kadang hati gak yakin sehingga masalah kita tertunda-tunda.



6. KEMBALI FOKUS KE BISNIS, BUKAN KE HUTANG
Mulai mengatur hidup kita, arahnya diluruskan kembali, yang kemarin sibuk menumpuk aset hutangan dan gaya hidup berlebihan sekarang fokus bagaimana membuat bisnis bisa berputar kembali, kerja keras lagi, pantang hutang lagi, sampai menunggu moment hutang kita lunas dengan perjuangan karena cita-cita sudah diluruskan.

7. SEDEKAH dan DOA IBU
Dalam kondisi apapun sedekah tidak boleh berhenti. Bantu urusan orang lain agar urusan kita juga dibantu oleh Allah. Jangan lupa, minta doa dari ibu atau ayah kita.. Mereka yang sejak kecil merawat kita, doa mereka membuka pintu-pintu keberkahan dalam hidup kita.

Ustadz Samsul Arifin yang punya gerakan Pengusaha Tanpa Riba sering banget mengirimkan capture chat dengan anggotanya kepada saya, orang-orang yang berproses sejak berazam bebas hutang hingga hutangnya semua lunas tak bersisa! Beliau mengijinkan saya membagi chat testimoni orang-orang yang sudah bebas hutangnya dibawah ini..

Ada yang bebas dalam setahun..
Ada yang dua tahun..
Ada yang tiga tahun..
Namun proses itulah yang luarrr biasa! Mereka bisa tuh.. pasti kita yakin juga bisa

Rindu pada masa-masa dulu bangun tidur tak punya hutang kan?
Senyum lepas tanpa beban.. tanpa beban..
Ya Allah… Kabulkan..

Klik Gambar untuk Download Ebook

@Saptuari

8 comments

  1. Saya kuswati,saya punya masalah berkaitan dengan urusan finansial.saya punya hutang kepada investor sebanyak 250juta,tyap bulan saya harus membayar bagi hasil sebesar 15 juta.uang 250jt itu saya gunakan utk buka usaha bimbel.3th berjalan usaha saya berjln mulus,tp diawal th 2017.usahaku mulai pailit,unit yg saya buka banyak yg tutup,krn muridnya rontok.dan sekarang tinggal sisa 3 unit.tyap bulan pemasukanya mines,utk operasional dan bayar bagi hasil.karna pemasukkan tidak mencukupi utk byr bagi hasil,aku sering telat,ada 3 bln saya bayarnya telat.krna sering telat akhirnya para investor menuntut,agar dana investasinya dikembalikan berikut sama bagi hasil.dlm jgka waktu 4 bln kedepan,saya dituntut harus bisa mengembalikan,kalau sampai saya tdk bisa mengembalikan,saya akan dikasuskan ke hukum,dan ancamannya saya masuk penjara.mohon solusinya dan doanya ust
    agar saya1 bisa mengembalikan.saya kasian sama ank2,soalnya saya baru melahirkan ank yg ke 3,

  2. Ustadz….. 18th menikah tak pernah dinafkahi suami, tp saya tak menyesal, yg membuat saya sekarang tak kuat lg setiap hari harus menghindari para penagih hutang, dari awal memang saya sudah punya hutang, karena penghasilan kecil kebth banyak, lalu saya pindah tempat kerja dgn harapan merubah hidup, benar ditempat baru bisa lebih penghasilan tp suami merasa kepindahan saya adalah kesalahn yg akhirnya suami selalu menuntut utk benar, dari th 2010 saya harus selalu cari tambahan utk usaha suami, min 3jt tiap bln, dan th ini benar2 th kehancuran saya, karena semua yg saya kenal sudah pernah saya pinjami uang dan saya selalu telat byr, akhirnya sekarang sudah menjauh dan hutang saya belum terselesaikan tadz….. Mohon pencerahannya tadz,,,,,,,, saya sudah tak sanggup, pernah saya lakukan solat istikharoh utk minta petunjuk pada Allah ttg rumah tangga saya, dan Allah beri sinyal agar saya melanjutkan rumah tangga ini

  3. Dear ustad,

    Saya mempunyai suami yg saya baru tahu telah mengkhianati sy selama 3 thn terakhir dan sdh melakukan perbuatan zina berkali2 dgn wanita itu. Padahal psda waktu itu dia hanya beberapa kali menafkahi saya dan saya akhirnya yg menjadi tulang punggung kel termasik orang tua kami berdua. Pada bulan des 2015 lalu dia mau menceraikan saya, saya tdk mau krn saya kasian sekali dgn anak2 dan tdk tau hrs bgm menghadapi anak2 yg msh kecil walaupun dlm hal materi sbnernya saya mampu. Saya bertahan krn wkt itu sy tdk tahu sejauh mana hub dia dgn wanita itu smp akhirnya semua terbuka pd wkt itu saya sdg sedang mengamalkan membaca doa akasa dan sptnya srmua dibukakan rahasi selama ini yg saya tdk pernah kepikirN sblumnya. Smp akhirnya kami menikah kembali dan saya baru tahu semua stlh kami menikaj kembali. Skr dari hasil perbuatannya tsb dia dikejar2 hutang smp 300 jutaan, belum mslh2 hutang perusahaan yg menumpuk dr masa lalu yg belum terbayar, belum hutang2 baru yg hrs dia lunasi krn tdk ckp dana memberangkatksn jamaah plus riba dan hutang lain2nya. Saya hrs bgm ustad menghadapi suami sy…ditambah ayah sy sdg sakit keras dandivonis tdk bs sembih dr penyakit yg dideritanya yg membuat saya jg down dgn kenyataan itu.
    Sdgkan sejak menikah lagi dia minta sy resign yg dia tahu bahwa selama ini saya yg menafkaji dan uang dr sy bekerja. Saya hrs bgm ustad spy suami say bs terlepas dr ini semua? Dan sy bisa menjadi istri yg sholahah. Mohon advisenya ustad…terima kasih. Wassalamualaikum wr wb.

  4. assalamualaikum,,trmksh ats arahanya,saya termasuk org yg sprt crt diatas berawal dr usha brg2 ma tmn dg modal hutang trnyta bangkrut.dan tmn saya lepas tngan dgn cicilan bank nya semua aku yg nanggung sndri hingga hsil saya bkrj cuma buat ngangsur bank.smpe skrg hutang itu brtmbh bnyk krn pndptan saya mines kalo utk kbthn hidup sm ngangsur..otomatis utk memenuhinya dg hutang jg,,jd mhon do`a nya supaya hutang saya cpt terlunasi..

  5. Salam ustad, mohon arahan nyabpak ustad, saya menikah udh hampir 2.5 yahun tp blm d karuniai anak.smp skrang saya masih berobat krn ada kista di rahim saya.tapi kistanya sudah hilang.cuma menstruasinya tdk normal.swami sudah matah2 trs knp ga hamil2.saya mulai putus asa pak ustad.mohon petunjuk nya apa yg harus saya lakukan.mohon dbls ke email saya saja .trimakasih.wassalam

    • Insyaallah sy ada solusinya selain berikhtiar kepada Allah, kita jg harus berusaha. Anda bisa sms ke 081333029617 ato 085748775527. Insyaallah lgsg sy hub, ini terapi halal dan sdh banyak yang berhasil mempunyai momongan sekaligus menghilangkan kista, karena sy sendiri memiliki kista di indung telur, Alhamdulillah sy sekarang mempunyai anak kembar

  6. saiful hasan

    subhanallah, siap…

  7. lukman khakim

    Makasih motifasinya mungkin aku termasuk orang yg yg seperti cerita diatas sampek aku putuskan keluar dari kerjaan sbg buruh pabrik dgn harapan hutang pada saudara dan bank” lunas semua dan sisanya untuk belajar dagang/wira usaha..tapi mungkin Allah berkehendak lain hutang pada sodara memang lunas tapi hutang KPR masih jauh dari lunas trus memulai usaha belum berhasil bahkan ada modal yg di bawa kabur teman..dan sekarang masih pontang panting cari kerja sedang usia udah 43 th lagi..mohon doanya Mas..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *