Home » Wanita » Khusus Cewek: Saat Datang Bulan Datang, Inilah Daftar Makanan yang Harus Kamu Konsumsi dan Hindari

Khusus Cewek: Saat Datang Bulan Datang, Inilah Daftar Makanan yang Harus Kamu Konsumsi dan Hindari

Bagi kaum hawa masa menstruasi adalah masa yang bisa dibilang cukup merepotkan. Selain karena kita harus menahan nyeri di perut, kondisi psikis kita jadi sedikit terganggu karena hormon yang tak seimbang. Karenanya selain harus rajin berolahraga di waktu menstruasi, kita juga harus menjaga asupan makanan.

Ternyata nih ada loh beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi dan hindari saat masa menstruasi datang. Nah bagi kamu sudah penasaran yuk langsung saja cek daftar makanan yang baik dan tidak baik dimakan saat masa menstruasi datang.

1. Tingkatkan konsumsi minum air putih saat sedang haid.

Jenis minuman pertama yang wajib kamu konsumsi saat datang bulan adalah air putih. Peningkatan konsumsi air mineral menjadi penting sebab selama periode ini kamu mengeluarkan cairan lebih banyak dari biasanya. Karena itu agar tubuh tidak mengalami dehidrasi, cobalah menambah jumlah air minum daripada hari biasa. Jika hal ini tak dilakukan maka resiko meningkatnya keluhan seperti sulit konsentrasi, pusing dan cepat lelah semakin tinggi.

2. Perbanyak pula makan buah-buahan dan sayuran.

Selain air putih, makanan lainnya yang tak kalah penting dikonsumsi saat menstruasi adalah buah-buahan dan sayuran. Kandungan vitamin dan serat dalam dua jenis makanan ini sangat penting bagi tubuh yang mengalami haid agar resiko konstipasi (gangguan pencernaan) berkurang. Tidak hanya mencegah konstipasi saja, konsumsi buah dan sayuran juga bisa membuat tubuh tetap segar selama masa menstruasi.

3. Pilih makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti daging, ayam, ikan dan kacang-kacangan.

Saat sedang menstruasi kamu tentu merasa lebih lemas dari biasanya. Hal ini wajar karena waktu haid ada banyak zat besi yang keluar bersama dengan darah. Karenanya untuk mengganti zat besi yang hilang kamu harus memilih makanan yang mengandung banyak zat besi. Zat besi banyak ditemukan pada lauk pauk seperti: daging, ikan, dan kacang-kacangan.

4. Jangan lupa mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kalsium.

Ketika sedang haid biasanya perut akan sering mengalami kram. Rasa kram dirasakan pada area perut bawah yang membuat kita tidak nyaman bahkan di level yang parah bisa menghambat kegiatan. Karenanya untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu harus mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalsium. Di dalam kalsium terdapat zat yang berguna untuk tonus otot sehingga bisa mencegah perut kram terjadi. Makanan dan minuman seperti susu, keju, sampai dengan sayur brokoli memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

Sementara itu makanan dan minuman yang harus dihindari adalah:

5. Hindari mengonsumsi produk yang mengandung kafein.

Bagi kamu yang terbiasa mengonsumsi kafein sebaiknya saat menstruasi tinggalkan dulu hal tersebut. Alasannya karena kandungan kafein dapat menyebabkan penyempitan pembulu darah yang mana ini memicu terjadinya dehidrasi. Padahal ketika sedang haid tubuh sedang banyak mengeluarkan cairan yang berupa darah. Kekurangan cairan yang terjadi bisa menyebabkan berbagai hal yang salah satunya adalah pusing dan tubuh cepat lelah.

6. Hentikan sementara waktu kebiasaan minuman bersoda seperti softdrink.

Selain minuman dan makanan berkafein, produk lain yang pantang dikonsumsi saat datang bulan adalah softdrink. Kandungan gula yang tinggi pada jenis minuman ini akan membuat tubuh menjadi cepat lemas. Akibatnya kamu pun akan mudah emosi dan tersinggung. Untuk itu agar hal tersebut terjadi jauhi dulu minuman bersoda dan makanan yang mengandung banyak gula.

7. Buat kamu yang menyukai makanan berlemak seperti gorengan sebaiknya saat haid kurangi jenis makanan ini.

Ternyata mengonsumsi makanan berlemak seperti gorengan dapat meningkatkan hormon estrogen dalam tubuh. Hormon ini akan menyebabkan hal tidak baik bagi tubuh seperti misalnya kram pada perut. Untuk itu jika tidak ingin menderita saat mens, kurangi makan makanan berlemak seperti ini ya!

8. Makanan olahan berpengawet juga haram dimakan saat “tamu bulanan” sedang datang.

Terakhir, jenis makanan lainnya yang tidak boleh dimakan adalah seluruh jenis makanan olahan. Mulai dari sarden hingga buah kalengan sebaiknya hindari terlebih dahulu. Kandungan sodium yang tinggi dalam makanan olahan akan membuat tubuh mengalami dehidrasi. Sebagai akibatnya badan jadi pegal-pegal dan bisa juga bengkak. Karenanya cobalah untuk menghindari seluruh jenis makanan olahan bila ingin periode menstruasimu lancar.

Priscilla Immaculata Silaen

Sumber: idntimes.com

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *