Home » Islam » Saat Fenomena Alam Mengerikan Ini Muncul, Iman dan Tobat Semua Manusia Ditolak

Saat Fenomena Alam Mengerikan Ini Muncul, Iman dan Tobat Semua Manusia Ditolak

Di antara ciri baiknya iman seorang hamba adalah memperhatikan ayat-ayat Allah Ta’ala, baik qouliyah maupun kauniyah. Memperhatikan ayat-ayat alam merupakan keharusan bagi setiap orang yang beriman.

Sebab ada fenomena alam yang pasti terjadi dan menjadi ketentuan dari Allah Ta’ala sebagai tanda tidak diterima taubat atau iman seorang hamba. Ialah terbitnya matahari dari arah terbenamnya

Banyak hadits yang menyebutkan hal ini. Salah satunya diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dari sahabat mulia Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, “Tidak akan datang Hari Kiamat hingga matahari terbit dari arah terbenamnya (Barat).”

Ketika fenomena alam ini terjadi, taubat tidak diterima. Orang beriman yang beramal setelah kejadian ini tidak akan diterima amalannya. Setelah matahari terbit dari arah terbenamnya, tanda-tanda besar akan terjadinya Hari Kiamat pun bermunculan. Sedangkan urutannya, banyak riwayat yang berbeda.

Hanya Allah Yang Maha Mengetahui. Kita mencukupkan diri dengan keterangan yang ada dan hendaknya sibuk mengumpulkan bekal, bukan berdebat tentang mana yang lebih dahulu terjadi.

Berikut ini di antara tanda besar akan terjadinya Hari Kiamat yang dijelaskan oleh Imam Ibnu Katsir dalam Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim surat al-An’am [6] ayat 158.

Tiga Atau Empat Kejadian
Dari sahabat mulia Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Imam Ibnu Jarir ath-Thabari menyebutkan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Imam Ahmad bin Hanbal dan Imam at-Tirmidzi Rahimahumullahu Ta’ala, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda,

“Ada tiga hal yang jika sudah terjadi, maka tidak bermanfaat lagi iman seseorang bagi dirinya yang tidak beriman sebelumnya atau belum mengerjakan kebaikan dalam masa imannya. Yaitu terbitnya mentari dari arah terbenamnya, Dajjal, dan binatang melata dari bumi.”

Sedangkan yang keempat sebagaimana termaktub dalam riwayat Imam Ahmad bin Hanbal Rahimahullahu Ta’ala adalah dukhan atau asap.

Sepuluh Fenomena
Fenomena alam lain yang menjadi tanda besar akan terjdinya Hari Kiamat diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal dari sahabat Hudzaifah bin Usaid al-Ghifari.

“Hari kiamat tidak akan terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda; terbitnya matahari dari arah terbenamnya, asap, binatang melata, keluarnya Ya’juj dan Ma’juj, keluarnya ‘Isa bin Maryam ‘Alaihimas salam, keluarnya Dajjal, terjadinya tiga gerhana di timur, barat, dan jazirah Arab, serta api yang keluar dari dasar bumi ‘Adn yang mengiringi manusia. Api itu bermalam bersama ketika mereka bermalam dan tidur siang bersama ketika mereka tidur siang.” (Hadits ini juga diriwayatkan oleh Imam Muslim dan keempat imam penulis kitab Sunan Rahimahumullahu Ta’ala)

Sumber: kisahikmah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *