Home » Wisata Hati » Sedekah Itu Solusi

Sedekah Itu Solusi


Sedekah itu, solusi. Coba itung, berapa duit kebutuhan hari raya. Trus keluarin 10% nya sekarang.

Siapa-siapa yang sedekah, dikali 10 dapatnya. So, secara logika, kalo mau dapet 10, sedekahin 1.

Minim-minim 2,5%. Di muka. Di depan. Jangan kayak calo. Yang kalo berhasil, baru mau bayar. Baru mau keluar duit.

Nah kalo ga ada juga tuh 2,5% nya, maka bagi dengan bilangan pembagi 700. Sebab 1 sedekah dikali 700. Jadi yang keluar 1, bakal dibales 700. Mafhum mukhalafahnya, kepahaman kesebalikannya, siapa yang mau dapet 700, keluarin 1.

Ada yang belum paham?

Gini, Misal, kebutuhan 10jt rupiah. Buat pulang kampung. Nah keluarin 1 jt di muka. Kan, kalo sedekah 1jt,, dibales 10jt. Ini ngarep, ngarep sama Allah. InsyaaAllah malah jadi tambahan amal. Ngarep itu, doa. Doa itu ibadah. Nah terus yang ga ada duit, sedekah 2,5% di muka. Atau 250rb. Kalo ga ada juga, dibagi 700. Ketemu angka lebih murah. Lebih terjangkau… Kira-kira, Rp14.300. Buat mancing rizki. Pake sedekah.

Pancinglah rizki, dengan sedekah. Ini mah bukan buat diskusi ngotot-ngotoan. Buat belajar, boleh. Tapi diskusi yang jadi perdebatan, jangan. Doing is believing. Lakuin aja. Tar juga percaya. Yang penting, ngarepnya, sama Allah. Boleh koq ga sedekah juga. Langsung aja minta 10jt. Ga repot, kan? Apalagi tentu saja, yang bersedekah.

Jumlah 10jt, bisa diganti dengan kebutuhan Saudara-saudara semua. Disesuaikan aja. Misalnya, mobil, motor, rumah, hutang, biaya kuliah S2, S3, haji, umrah, dan lain-lain. Coba aja. Nyenengin itungannya. Ini bukan itungan biasa. Ini itungan sedekah. Matematikanya bukan matematika kita.

Ria itu anaknya Ustadz Akib. Jangan dibawa-bawa. Hehehe. Cerita mah cerita aja. Ga usah bilang, ini bukan riya. Tujuannya kan dakwah. Saling motivasi. Supaya pada semangat sedekah, ibadah, dan amal-amal saleh lain. Jaga hati aja. Malah yang cerita, dapet banyak pahala. Bila orang tergerak ikut, maka yang cerita, dengan tujuan ngajak, dan berbagi bukti bahwa Janji Allah itu benar, dapat juga pahala dan kebaikannya. Dan ga berhenti, sampe nanti hari berbangkit. Sepanjang amal itu terus dilakukan, dan terus bergulit, berkembang, kita dapat terus. Subhanallah.

Belajar aja terus. Don’t stop learning. Jangan berhenti belajar. Termasuk dalam urusan sedekah yang sangat penting. Sedekah termasuk amalan yang dirindukan mereka yang sudah wafat. Saat melihat besarnya pahala dan kebaikan sedekah, mereka kepengen idup lagi, dan pengen sedekah.

Ada yang tau? Ayat berapa surah apa?

Sedekah itu ga mesti duit. Dan hasilnya juga jadi ga mesti duit.

Ngajarin adik, seperti yang dilakukan oleh Wirda Mansur ke Aisyah Mansur adalah sedekah juga adanya. Balasan untuk Wirda, buanyak buanget. Ga bakal bisa dia itung.

Coba baca dulu QS. 6 ayat 160, QS. 2 Ayat 261, dan QS 65 ayat 7. Baca dulu ya. Bacanya jangan sekali baca aja. Tapi dua tiga kali baca. Empat lima kali baca. Sampe ada sesuatu yang masuk ke hati dan pikiran kita.

Di Qs. 6 ayat 160, Allah bilang, semua kebaikan, dibalas 10x lipat. Sedangkan sedekah itu, ga cuma duit. Segala kebaikan, kullu ma’ruufin, shodaqoh. Adalah sedekah. Di Qs. 2 ayat 261, lbh dahsyat lagi. Seven hundred times, or even more. Dibales 700x lipet atau bahkan lebih. Di Qs. 65 ayat 7, top. Saya suka banget. Kalo lagi lapang, sedekah, biasa. Tapi kalo lagi sempit, susah, belom kekabul, banyak masalah, puyeng banget idup, banyak beban, bangkrut, lagi rugi, lagi ditipu, lagi banyak sedihnya, lagi ada impian, cita-cita, yang lagi pengen dikabul… Lalu sedekah… Wuah. Top. Liat nanti ayatnya. Ada kata-kata falyunfiq… Mimmaa nya coba liat… Panjang. 6 harakat secara tajwid. Keren. Sedekahnya disuruh yang banyak. Ujung ayat 7 Qs 65 coba diperhatikan. Itulah yang terjadi. Bakal dimudahin apa-apa yg sulit. Bakal diringanin, apa-apa yg berat. Bakal dikasih jalan keluar, apa-apa yang buntu.

Baca Quran merupakan sedekah mata kita, sedekah ucapan, sedekah duduk, sedekah waktu kita, sedekah tenaga kita, dalam bentuk Baca Quran. Buat Allah. Musti kuat hati kuat niat. Buat ngatamin Quran. Kalo engga, lewat terus. Makin hari berkurang, nanti makin males. Sebab merasa ga kekejar.

1 hari, 5 kali shalat. 1 juz, 20 halaman. Atau 10 lembar. 1 kali shalat, 4 halaman dah. tau 2 lembar. Enteng ini. Asal kuat niatannya. 1 bulan minimal khatam baca 30 juz. Masa ga pernah khatam? Malu sama Allah. Udah boleh masuk Ramadhan.

Di Qs. 6 ayat 160, Allah bilang,
Sedekah waktu, 20 menit… Dibayarnya 200 menit. Minimal. Bila pengaliannya pake Qs. 6 ayat 160. Bila pake Qs. 2 ayat 261? Dikali 700 sampe unlimitted? Coba itung. 20×700=14000 menit. Itu kurang lebih kayak Allah akan bersedekah balik, 10 hari. Apa-apa yang kita kerjakan, bakal lebih cepat selesai 10 hari. .

Itu kali 20 menit. Kalo dikali 5 waktu shalat? 100 menit? Maka itu kayak lebih cepat 50 hari, atau ampir 2 bulan.

Itu kalo 1 hari. Kalo 30 hari? Wow…!!! Percepatannya bisa sampe 1500 hari. Kira-kira setara dengan percepatan 4 tahun. Mayan kan? Bayar utang, karir, punya anak, dll, punya percepatan ikhtiar sampe 4 tahun. Belom lagi kalo dapat Lailatul Qadar. Wuih… Subhaanallaah dah.

Silahkan renungkan… Apalagi Bulan Ramadhan ini, beda. Semua pahala dan kebaikan, dilipatgandakan. Lebih-lebih dari bulan biasa. Amal apa aja loh. Amal wajib dan amal sunnah. Dilipetgandain. Kita sedekah, apa aja, ke Allah, lewat amalan-amalan, yang kita “sedekahkan, persembahkan”, ke Allah. Tar Allah Yang Balas, Dengan Cara-cara-Nya, menurut Cara-cara-Nya juga.

Pelajari ilmu sedekah. Sebab ia sangat menyenangkan. Ga punya jodoh, bisa punya jodoh. Ga punya anak, bisa punya anak. Miskin, bisa kaya. Susah mulu idupnya, sempit, banyak masalah, insyaaAllah banyak kesenangan, banyak kelapangan, banyak kemudahan. Dari Allah. Sebagai buah sedekah di dunia ini. Di luar nanti dapet buahnya di akhirat, tanpa ngurangin pahala dan kebaikan di akhirat, meski sudah ditunaikan Allah sebagiannya di dunianya.

Ada yang mau berbagi kisah sedekah di sini? Janji kepada yang mau bersedekah, seputar balasan, adalah bukan dari manusia. Tapi dari Allah. Jajal aja. Doing is believing.

Rekening sedekah:
– CIMB Niaga Syariah 520 01 00342 004
– Syariah Mandiri 074 006 5000
– BNI Syariah 1699 1699 6
– Mandiri 128 000 509 2975
– BCA 603 030 8041
a.n Yayasan Daarul Qur’an Nusantara

Informasi :
021-73453000
www.pppa.or.id

Sedekah bisa ke where only. Jika berkenan ikut nyalurin ke program-program PPPA, silahkan. Itu rekeningnya.

Nantikan ilmu-ilmu sedekah berikutnya. InsyaaAllah.

Yusufmansur.com

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *