Ujian ataukah AZAB …

Posted on

Allah Maha Penolong – Membedakan Ujian & Azab
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh ….

Pemirsa yang dirahmati Allah,
Barang kali tidak semua diantara pemirsa semua adalah orang-orang yang sedang happy hatinya.

Barangkali ada diantara Anda semua ada yang berduka; duitnya ada yang diambil orang, ditipu, hartanya dibawa kabur orang, hilang pekerjaan, jabatan, karir jatuh, rumah tangga ancur-ancuran, hutang dimana-dimana. (dan lain-lain)

Jangan khawatir,… innallaha ma’ana, Allah sedang bersama kita.

Apabila ada kesusahan yang saat ini sedang mengiringi Anda semua, sesungguhnya itu tanda-tanda dari Allah subhanahu wa ta’ala bahwa Allah merindukan saudara untuk kembali kepada Allah, “menjadi hambaNya yang saleh, dan beriman lagi bertakwa”.

Bagaimana kita menyelesaikan persoalan-persoalan hidup kita semua?
Tapi, marilah kita sama-sama mendengar bacaan murotal dari syekh Muhammad, mudah-mudahan ini bacaan pun bisa mengundang wasilah, pertolongan dari Allah subhanahu wata’ala. Silahkan, …

QS. Al Baqarah 82-83
Muhammad Ali Jabir

Terima kasih pemirsa ….
Masih bersama Yusuf Mansur di Wisata Hati An TV,..
Kita langsung belajar yuk…

Pertama, Saudara harus mengetahui apakah persoalan hidup sodara ujian atau azab?

[highlight]kalo seseorang itu sifatnya ujian maka pintunya adalah pintu sabar.[/highlight]

Nah, disini ada ujian dari Allah 5 perkara; pertama al khauf, wal ju’i, wal naqsi minal ahwal wal an’am wal tsamarot.
Anda akan dilanda kekhawatiran, ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan; barangkali bisa kita analogikan ke usaha, pekerjaan ya?

Kalo kesusahan sodara nuansanya ujian maka jawabannya adalah sabar,
wa basyirishobbirin, sodara cukup bersabar maka insyaAllah akan berlalulah segala kesulitan itu.

Ada seorang guru yang motornya hilang, oke…
ini kan suatu kesusahan,… boleh lah kita bilang seperti itu.
lalu si guru ini melihat dia punya kehidupan, motornya motor halal, dia boleh menabung dari keringat dia, sholatnya bener, dia nggak nyakitin orang, key …deng deng deng deng deng. Penilaiannya adalah “ujian”.

ya udah, disabarin aja…begitu dia sabarin, kira-kira 2-3 bulan, Allah akan ganti motornya dengan yang lebih baek dari motor yang hilang itu.

Nah, yang saya khawatirkan adalah dari Anda semua yang saat ini sedang susah, posisi anda itu bukan ujian melainkan azab dari Allah subhanahu wa ta’ala.
Sodara sholat subuh gak pernah tepat waktu ato bahkan mungkin tidak sholat, sodara tidak pernah mengeluarkan zakat tepat waktu ato mungkin tidak keluar zakat,
sodara begitu mudahnya melihat apa yang Allah haramkan,
sodara begitu mudahnya bicara yang Allah tidak suka.
Kalo sudah demikian, maka posisinya adalah “azab”.

Apalagi kalo kemudian sodara menyentuh sepuluh DOSA Besar…,
ya nanti ada episode khusus kita akan mempelajari sepuluh dosa besar itu.
Kalo sodara menempuh itu, menyentuh itu maka kategorinya Azab.

Kalo kategorinya Azab seperti apa dan bagaimana? kita akan lihat setelah yang berikut ini…

Alhamdulilah masih bersama Yusuf Mansur di acara yang kesayangan kita Wisata Hati An TV.

Saya senang jika sodara ternyata punya kesusahan, kesulitan ,problematika hidup sementara sodara adalah ujian bukan azab, yaaa.
Sodara tinggal sabar, maka semua akan berlalu seperti angin saja lewat, seeeng …

Emang ruko sih kebakar gitu, tapi sodara senantiasa solat tepat waktu, solat duha gak ditinggal, sholat malem sodara cinta, senin kemis sodara juga laksanakan, ama sedekah sodara keluar, bla bla bla, gak pernah nyakitin kanan kiri, buka giro selalu penuh, buka cek selalu ada, gak pernah ada orang sakit, insyaAllah ruko yang kebakar itu ujian, habis itu entar jadi dua, jadi tiga, jadi empat.

Nah yang menarik adalah ….
yang menarik adalah ….

Bilamana anda saat ini susah, ya,
bergelimang dengan apa namanya dosa .. sehingga sodara punya azab, dikenakan azab ya?
hebatnya adalah sodara harus lebih senang lagi, gila kan?

Gimanaa ustaadz? kok harus lebih senang lagi, bagaimane?
ya lebih senang lah, Karena Allah mengampuni sodara dengan sodara cukup ridho atas KESUSAHAN yang Allah bebankan kepada sodara semua..

wueeehh ..Subhanallah
merinding saya ….

Ada satu hadist hudsi sodara, kita sama-sama lihat ..

wa ma lam yaskur ala na’mai
siapa orang yang tidak bersyukur atas nikmatKu

wa lam yashbir ala bala’i
dan dia tidak bersabar atas bala dariKu

wa lam yardlo bi Qodo’i
dan tidak ridlo terhadap semua ketentuanKu

fal yakhruj min tahti sama’i
silahkan Keluar dari kolong langitKu

wal yathlub robban siwa’i
dan cari Tuhan selain diriKu…
Siapa orang yang tidak bersyukur atas nikmatKu,
tidak bersabar atas bala Ku,

tidak ridlo terhadap semua ketentuanKu, ….
“ni posisi sodara disini nih, udaah sodara ridho in aja, ….
Sodara ahli zina lalu kena prostat, ya sudah … ridho aja udah, bagaimane? daripada diajar ama Allah di alam kubur ya MENDING DISINI.
Sodara ahli minum, lalu Allah kurangin penglihatan sodara, ya sudaaah … sodara ridho aja,.. kalo memang ini adalah bukan bala’ yang sifatnya harus sabar tapi Anda harus ridho terhadap ketentuan Allah,
[highlight]yaa sudaah ridho aja, daripada mata sodara semua diajar dineraka.[/highlight]
Tangan sodara dibikin pedol, dibikin stroke ….. ya sodara ridho, kalo memang kerjaan sodara didunia nginjek orang, nyikut orang, lalu Allah kenakan azab bukan ujian.”


Ujian – sodara sabar,
Kalo azab sodara masuknya pintu tobat dulu, baru kemudian pintu sabar,… dua kali lipat memang perjalannnya tapi yaa itu resiko Anda semua.

wa lam yardho bi qodoi
dan sodara ridho terhadap ketetapanKu,

Kalo tidak ini semua sodara tidak lakukan, tidak syukur….

Alhamdulillah lho kalo Anda digecek sama Allah didunia ini harus bersyukur lho …
makasih ya Allah masih punya kesempatan, ya to?

Anda tinggal sabar, Anda tinggal ridho, kalo tidak? kata Allah apa?

fal yakhruj min tahti sama’i
silahkan kalian Keluar dari kolong langitKu

wal yathlub robban siwa’i

dan cari Tuhan selain diriKu…

whuaaa repot kita …

Nah, kenapa saya bilang sodara harus lebih senang lagi?? bilamana sementara skornya azab?

Karena Allah bilang “nabhi ibadhih inannni ana ghofururrohim”
kabarkan kepada hamba-hambaKu, sesungguhnya Aku adalah Allah Tuhan yang maha pengampun lagi maha penyayang. Laa ila ha ilallah …….

Pemirsa yang dirahmati Allah, terimalah kesusahan yang sodara sekarang ini hadapi.

Bilamana ada hutang kemudian menghimpit, tidak punya badan yang membuatnya tidak punya punggung bobot boboot.. sementara sodara tahu, sodara tidak pernah kemudian mengerjakan solat, sodara lalai sholat tepat waktu, sodara jarang berjaamaah, sodara tidak pernah ke masjid!!! …

Terima utang itu dengan baik …..!!!
Perbaiki diri saja ….!!!
nanti kita akan belajar ayatnya disegmen yang berikut …
perbaiki diri saja ….!!

Maka insyaAllah, Allah akan menarik kemabali, Allah akan tariiiik sehingga tegak kembali punggung kita.

Lalu ketika kita berlalu itu azab kita kembali menjadi hambaNya yang SALEH …begitu adzan berkumandang kita sudah berdiri di shaf yang pertama ..

Ketika kemudian menjelang subuh orang-orang masih tertidur lelap sodara sudah menyelesaikan 8 rakaat sholat malem.
Subhanallah ….
maka insyaAllah keadaan akan Allah balikkan lagi dan keadaan akan Allah pulihkan kembali ..
sehingga sodara masuk pada kategori yang kedua, sodara adalah orang-orang yang diampuni Allah subhanahu wa ta’ala ..

Setelah yang berikut ini saya akan kabarkan berita gembira buat sodara sodara semua betapa Allah itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Alhamdulillah pemirsa kembali bersama Yusuf Mansur

Penilaian akan ujian dan azab hanya buat kita dan saudara sendiri bukan buat orang lain …ati-ati ..!

Sodara liat misalkan temen sodara sudah sepuluh tahun berumah tangga, sedang dia tidak punya anak.
Jangan ngomong begini .. hmm kayaknya dia pernah zina sebelum nikah, kayaknya zina nih makanya Allah azab dia gak punya anak.
Jangan begitu ….Penilaian ujian dan azab buat kita!!!

Dan memang kan, sepanjang Allah tidak buka aib kita hanya Allah yang tau aibnya anda semua.

Seorang terbaring lemah ditempat tidur, gak bisa bangun dia lumpuh, key …
lalu ada orang nengokin,
“gimana bang aji sehat??
mata lu buta, gua ditempat tidur begini lu bilang sehat, lu doain dah biar gua baek. ni gua sedang diuji sama Allah nih…

Sementara Allah tau bagimana bisa bilang diuji, orang ada sertifikat orang haa yang dia gadein, orang yang gak tau diinjek ama die, rumahnya kemudian diambil.

Nggak bisa … itu buat kite, ituuuu buat kiiite…..

Sepanjang kita mau jujur sama Allah subhanahu wa ta’ala maka kita akan menemukan jawaban apakah kita berada dalam posisi ujian ataukah azab?

Dan hebatnya sekali lagi saya bilang kepada sodara semua, …
Allah menyediakan jalan buat sodara-sodara yang berkategori azab yakni bersegerahlah untuk menuju ampunan Allah

kita akan lihat surah At-Tahrim ayat ke 8;
Auzubillahiminassyaithonirrojim yaaa ayyuhalladzinaamanu tubuu ilallahi taubatan nasuha ….

Kita tinggal taubat pemirsa …
tinggal balik pada Allah;
yang nggak shalat – shalat,
yang sendirian – berjamaah,
yang tadinya nggak doyan ke masjid – doyanin diri ke masjid,
yang tadinya gak ada qobliyah ba’diyah – qobliyah ba’diyah yaah .. sholat lohornya 12 rokaat, 4 rokaat qobliyah 4 rokaat ba’diyah,
sholat malem, teruus….
yaa perbaiki diri,
pulangin harta orang,
minta maaf sama orang,

kalo kita bisa seperti itu:
‘asaa robbukum ayyukaffiro ‘ankum sayyiatikum wayud’ khilakum jannaatin taj’rii min tahtihal anharu
Allah akan mengubur menghapus yaa catatan keburukan kita semua


wayud’ khilakum jannaatin taj’rii min tahtihal anharu

Allah akan masukkan kita ke dalam surganya Allah

surganya orang orang yang berhutang lunas hutangnya,
surganya mereka yang belum punya jodoh dapet jodohnya,
surganya mereka yang belum punya anak dapat anak keturunannya,
Mereka-mereka yang diambil oleh Allah hartanya Allah kembalikan harta dalam keadaan yang halal.

Gampang sebenarnya merebut hati Allah itu gampang, insyaAllah …

Ntar nih, yee … naik matahari kira-kira jam 7, sodara duha.
yang boleh jadi duha nanti adalah duha pertama yang sodara lakukan setelah sekiaaaaaaan puluh tahun sodara tidak pernah solat duha.
bilang sama Allah: “i am coming ya rob, saya datang ya allah, saya datang membawa dosa-dosa saya ya Allah”.

aaah berees daaagh ….
Allah bikin beres, … Insya Allah….

lohor sodara ambil mix jegreg … yaa insyaallah diomelin sama masjid nih, ..
ambil mix? hkhkhk …
maksutnya ente azan, yaa ente pegeng tu mix, ente azan, mungkin azan ini adalah azan peertama, yaa dulu pernah tapi ketika smp.
Nhi begitu umur 47 dihajar abis abisan, sodara datang ke mesjid sodara azan.

Allahu akbar … Allahu akbar …
Sodara mungkin menangis, sampe orang pada keluar dari rumahnya siapa ni azan sampe nangis begitu?? …

Allah sayang ma ente, ente kembali kepada Allah …
Berlakulah ayat yg kita sama sama tahu dari surah Al Fajr punya ujung:
“ya ayyatuhannafsu muthmainah irji’i ya robbiki rodhiyatamardiyah fad’khuli fi ibadi wadkhuli jannati”

Allah nggak pernah marah ma kite,..
Allah malah kangen … malah kangen,…..
Ente kejauhan ama Allah, Allah malah kangen,…

Nah, kangennya Allah itulah bentuk KESUSAHAN yang sodara alami saat ini.
Insyaallah,.. kita kembalikan kepada Allah,
Kita terima aja dulu nasib kita sekarang,..
Kita terima apa yang terjadi,…

Dan saya ingatkan pada semua anda yang memang berkategorikan ujian, jangan sombong dan jangan menilai orang lain, ini kajian buat kita sendiri.

Mudah-mudahan Allah ampuni kita.

Bismillahi rohmanirrohim
Robbana ya robbana dzolamna anfusana wa illam tagfirlana watarhamna lana kun nana minal khosirin

Maafin saya, …
Maafin kami,…
Maafin kita semua ya robb, …
Begitu panjang percatatan dan perjalanan dosa-dosa kami ya Robb,..
Begitu banyak yang sudah kami lakukan dari kelalaian dosa dan maksiat kami padaMu dan terhadapMu, …
Engkau begitu baik terhadap kami tapi kami begitu durhaka kepadaMu
Makasih Engkau masih memberi kami kehidupan dan kesempatan untuk bertaubat dan memperbaiki diri kami

Mudah mudahan kami adalah golongan orang-orang yang engkau beri ampunan,…..

Robbana atina fiddunnya khazanah, wa fil akhiroti khazanah waqina adzabannar wal hamdulillahirobbil’alamin

Insya Allah sodara kapan-kapan kita kaji tentang 10 dosa besar.
Saya Yusuf Mansur jangan lupa ngetweet kami di @Yusuf_mansur

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh ….

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *