Home » Ramadhan » Zakat Fitrah Beras 3 kg atau 2,5 kg Mana Yang Benar? Ini Jawaban Ustadz Abdul Somad

Zakat Fitrah Beras 3 kg atau 2,5 kg Mana Yang Benar? Ini Jawaban Ustadz Abdul Somad

Selain berpuasa kini umat muslim juga sudah sibuk untuk membayar zakat fitrah. Zakat fitrah sendiri wajib dibayarkan, agar sempurnanya puasa di bulan ramadhan.

Namun ada juga perdebatan mengenai takaran membayar zakat memakai beras. Ada pendapat menyebut takaran 2,5 kg ada pula yang menyebut 3 kg.

Hal ini pernah dibahas Ustaz Abdul Somad (UAS) seperti dalam ceramah di video berjudul “Fiqih seputar ramadhan” yang dimuat ke youtube oleh @tafaqquhvideo. “Saya semenjak pulang dari Maroko 2008, membayar (zakat fitrah) beras 3 kg. Karena satu mud 7,5 ons, zakat fitrah dibayar sesuai takaran empat mud sama dengan 3 kg,” jawabnya dalam video tersebut.

Sebagai informasi zaman Rasulullah SAW zakat fitrah menggunakan makanan pokok memakai satuan satu sha’. Satu Sha’ itu setara dengan dengan empat mud. Mud adalah satuan takaran yang paling dikenal dan banyak dipakai zaman Romawi.

Meski demikian Ustaz Abdul Somad (UAS) tidak menyalahkan pendapat yang memakai takaran 2,5 kg. “Ada pun kementerian agama pakai takaran 2,5 kg oke mereka pakai takaran lain. Dia banyak juga versi-versinya. Saya pakai 4 mud 3 kg. Wallahu a’lam bish-shawab,” jelasnya.

Sementara untuk pembayaran zakat fitrah pakai duit atau beras sama-sama dibolehkan. “Mazhab hanafi boleh (pakai uang). Tiga mazhab lainnya harus makanan pokok. Kalau zaman Nabi kurma, gandum, korma kecil yang kering, susu kambing dijemur atau mentega. Kalau kita disini makan nasi, maka bayar pakai beras. Saya bayar pakai beras. Tapi saya tidak menyalahkan yang pakai duit, silahkan,” lanjut Dosen hadis di UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau ini.

Tanya jawab menarik lainnya bisa disimak lewat media sosial seperti youtube atau instagram. Hanya saja disarankan untuk menonton sampai selesai supaya tidak terjadi salah paham.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *